Ibu hamil akan mengalami banyak perubahan emosional disetiap trimester kehamilan. Pada trimester I ibu akan mengalami penurunan kemauan s...

Perubahan Psikis Ibu Hamil

22:07:00 katapena.info 0 Comments


Perubahan Psikis Ibu Hamil
Ibu hamil akan mengalami banyak perubahan emosional disetiap trimester kehamilan. Pada trimester I ibu akan mengalami penurunan kemauan sexual karena letih dan mual, perubahan suasana hati seperti depresi dan khawatir, ibu mulai berpikir mengenaibayi dan kesejahteraannya, serta kekhawatiran mengenai perubahan bentuk fisik yang kurang menarik.

Pada trimester II, ibu mulai memperhatikan bayinya dan memikirkan apakah bayinya akan dilahirkan sehat. Rasa cema situ akan terus meningkat sering dengan bertambah usia kehamilan. 

Trimester ke III cemas akan bercampur dengan takut karena telah mendekati persalinan. Kekhawatiran itu bisa berupa apa yang mungkin bisa terjadi pada saat kelahiran, bagaimana kondisi bayi setelah lahir, dan tugas-tugas apa yang akan dilakukan setelah kelahiran. Ini paling berkesan bagi ibu-ibu yang baru mengalami masa kehamilan. Sebaiknya kecemasan seperti ini dikemukakan istri kepada suaminya. 
Cenderung malas
Pengaruh hormon yang sedang memuncak adalah penyebab hal ini. Hormon yang tinggi ini akan mempengaruhi gerakan tubuh ibu, seperti gerakan yang semakin lamban dan cepat merasa letih. Keadaan ini cenderung membuat ibu hamil menjadi lemas. 
Sensitif
Hal ini juga dipicu oleh faktir hormonal. Reaksi wanita menjadi lebih peka, mudah tersinggung dan gampang marah. Namun demikian sikap ini tidak permanen. Jangan sampai perubahan ini merusak keharmonisan suami-istri. Oleh sebab itu, keadaan ini sudah sepantasnya dipahami suami dan jangan membalas dengan kemarahan karena akan membuat perasaan semakin tertekan. Perasaan seperti itu akan berdampak buruk bagi perkembangan fisik dan psikis bayi.
Gampang cemburu
Tidak jarang, sifat cemburu ibu hamil terhadap suami pun mulai dengan tiada alasan. Bila suami pulang kerja telat, ibu akan menghamburkan pertanyaan yang mungkin akan membuat sang suami menggeleng-geleng sambil mendecak. Cemburu yang berlebihan ini juga disponsori oleh faktor hormonal dan tidak percaya pada perubahan fisiknya yang kurang menarik. Dia mulai meragukan kepercayaan terhadap suaminya, seperti ketakutan untuk ditinggalkan atau suami akan berselingkuh. Oleh sebab itu, suami harus sangat mengerti dan memaklumi perubahan istri dengan komunikasi yang lebih terbuka.
Minta perhatian lebih
Biasanya wanita hamil tiba-tiba menjadi manja dan ingin selalu diperhatikan. Walau hanya sedikit, perhatian dari suami dapat menimbulkan rasa aman, nyaman dan pertumbuhan janin menjadi lebih baik. Demikian saat ibu hamil merasa pegal-pegal atau linu di badan, ia akan selalu meminta suami untuk mengusap tubuhnya.
Perasaan Ambivalen
Perasaan ini biasanya muncul pada trimester pertama, dan ini berhubungan dengan kecemasan terhadap perubahan selama masa kehamilan, rasa tanggung jawab, takut atas kemampuannya menjadi orang tua, sikap penerimaan keluarga, masyarakat, dan masalah keuangan. Perasaan ini akan berakhir seiring dengan adanya sikap penerimaan terhadap kehamilan.
Perasaan ketidaknyamanan
Perasaan ketidaknyamanan sering terjadi pada trimester I seperti nausea, kelelahan, perubahan nafsu makan dan kepekaan emosional, semuanya dapat memainkan konflik dan depresi. Deepaqk Chopra menyatakan bahwa kegelisahan, tertekan atau ketakutan, hormon stress dengan sendirinya akan mengalir melalui aliran darah dan mengenai plasenta sang bayi.
Depresi
Hampir 10% wanita hamil mengalami depresi berat atau ringan dan umumnya terjadi pada trimester I. Depresi adalah kemurungan atau perasaan yang tak menyenangkan, menurunnya kegiatan, dan pesimis menghadapi masa depan. Pada kasus patologis, depresi meruapan reaksi yang ekstream yang disertai delusi ketidakpastian dan perasaan putus asa. Pada ibu hamil hal ini juga disebabkan oleh faktor hormonal yang berhubungan dengan otak, hubungan dengan suami atau anggota keluarga, kegagalan dan komplikasi dalam kehamilan. 
Ansietas (Kecemasan)
Ini adalah istilah yang akrab digunakan untuk kecemasan, khawatir, gelisah, tidak tenteram yang disertai dengan gejala fisik. Ansietas adalah respon emosional terhadap penilaian individu yang subjektif, yang mana keadaannya dipengaruhi oleh alam bawah sadar dan belum diketahui secara pasti penyebabnya. Reva Ruben mengatakan bahwa hampir sebagian besar ibu hamil mengalami kecemasan, hanya saja tingkatnya yang berbeda-beda. Biasanya perasaan itu datang karena beberapa hal berikut ini:
  • Kesejahteraan dirinya dan bayi yang akan dilahirkan
  • Pengalaman keguguran
  • Rasa aman dan nyaman selama kehamilan
  • Penemuan jati dirinya dan persiapan menjadi orang tua
  • Sikap memberi dan menerima kehamilan
  • Support keluarga dan tenaga medis
Rasa cemas yang berlebihan akan menyebabkan ibu hamil sakit. Gejala cemasnya bisa dilihat dari mudah tersinggung, sulit bergaul dan berkomunikasi, stress, sulit tidur, denyut jantung kuat (palpitasi), sering buang air kecil, sakit perut atau diare, tangan berkeringat dan gemetar, kaki dan tangan kesemutan, kejang otot, sering pusing dan bahkan pingsan.
Insomnia 
Hal ini dipicu oleh rasa gelisah dan tidak tenang. Insomnia akan menyerang tanpa alasan yang jelas. Mereka tidak dapat memejamkan mata dan selalu terbangun di dini hari. Penyebabnya adalah stress, perubahan pola hidup, penyakit, kecemasan, depresi, dan lingkungan rumah yang ramai. Dampaknya adalah mudah lelah, tidak bergairah, emosi gampang meledak, stress dan denyut jantung cepat.

Baca juga: Pengaruh Ayah Bagi Anak

Sumber : Vera C. H, 2011. Diktat Psikologi Kebidanan. AKBID STIKES SU

0 komentar:

Tentang Penulis